SKD 2021: Kualitas Pelayanan BPS Kabupaten Bandung Terkategori Baik - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Bandung

Selamat Datang di Website Resmi BPS Kabupaten Bandung

Gemilang

Bergerak Mewujudkan Insan Statistik Cemerlang

SKD 2021: Kualitas Pelayanan BPS Kabupaten Bandung Terkategori Baik

SKD 2021: Kualitas Pelayanan BPS Kabupaten Bandung Terkategori Baik

14 Januari 2022 | Kegiatan Statistik


Sampurasun, Sobat Data!


Pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja pelayanan publik diperlukan agar pelayanan yang diperoleh masyarakat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan pelayanan publik melalui penyediaan unit Pelayanan Statistik Terpadu (PST) baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota seluruh Indonesia. Evaluasi terhadap pelayanan yang diberikan BPS diwujudkan melalui pelaksanaan Survei Kebutuhan Data (SKD). Selama rentang waktu Juni hingga September 2021, BPS Kabupaten Bandung telah melangsungkan SKD dengan responden berupa konsumen data yang pernah menerima layanan dari unit PST mulai 1 Januari hingga akhir periode pencacahan.


Hasil SKD mengenai pelayanan yang telah dilakukan oleh BPS dapat dilihat melalui Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) baik terhadap PST maupun kualitas data. IKK untuk PST BPS Kabupaten Bandung Tahun 2021 mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu 9.48 dibandingkan dengan IKK Tahun 2020. Seperti terlihat pada gambar, IKK untuk PST BPS Kabupaten Bandung Tahun 2021 mencapai 87.54 dan sudah termasuk dalam kategori pelayanan yang baik. Sama halnya dengan IKK untuk kualitas data yang disediakan oleh BPS Kabupaten Bandung juga termasuk dalam kategori pelayanan yang baik. Peningkatan nilai IKK ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan pelayanan PST BPS Kabupaten Bandung sudah dilaksanakan dengan sangat baik. Namun tentu PST BPS Kabupaten Bandung masih perlu berupaya meningkatkan kembali kinerja pelayanannya.


Selain IKK, indikator lainnya yang dihasilkan dari SKD adalah Important Performance Analysis (IPA). Indikator ini menganalisis hasil kepuasan konsumen terhadap pelayanan BPS dalam rangka menentukan prioritas perbaikan kinerja ke depannya. Lebih tepatnya lagi, IPA menganalisis hasil perbandingan antara tingkat kepuasan dengan tingkat kepentingan. Dari hasil tersebut, ditunjukkan bahwa beberapa hal yang harus tetap dipertahakan kinerja pelayanannya adalah kemudahan prosedur, kesesuaian jangka waktu penyelesaian, kesesuaian produk pelayanan, respon petugas pelayanan, dan kejelasan informasi petugas pelayanan online. Kemudian terdapat beberapa saran rekomendasi untuk perbaikan layanan PST BPS Kabupaten Bandung, seperti kemudahakan akses data melalui fasilitas utama, kemudahakan fasilitas pengaduan, kemudahan persyaratan pelayanan, kesesuaian biaya pelayanan, serta sarana prasarana.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten BandungJl. Raya Soreang KM 17 (Komplek Pemkab Bandung) Bandung

Jawa Barat; E-mail: bps3204@bps.go.id; Telp: +62 22 5895905; Fax: +62 22 5880882

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik